Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin

Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin - Apabila Anda sedang mencari informasi terkait dengan Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin, maka anda ada di website yang benar, yaitu Aneka source code aplikasi, Rekomendasi kami untuk Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin berikut mungkin adalah cocok dengan yang anda butuhkan saat ini.

lihat juga


Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin

Salam sahabat SiCode,

Membuat database adalah hal yang tidak terelakan dalam dunia pembuatan dan pengembangan website yang bersifat dinamis. Dan kemampuan membuat database adalah skill dasar yang harus dimiliki oleh para webmaster. Meskipun belum bisa dikategorikan sebagai webmaster, tapi kali ini SiCode mencoba untuk berbagi panduan atau cara membuat database menggunakan phpmyadmin, semoga bermanfaat yach...

Okelah sahabat sicode, tidak terlalu banyak intronya, kita langsung saja masuk pada intinya. Cara membuat database menggunakan phpmyadmin adalah sebagai berikut : (sicode asumsikan para sahabat sicode telah bisa menginstall aplikasi server localhost xampp di kompi masing-masing yach)

 

1. Buka browser (mozilla, chrome, opera, dll) lalu masukan alamat : localhost/phpmyadmin, lalu enter

2. Setelah halaman phpmyadmin telah terbuka, sekarang kita sudah bisa langung membuat sebuah database. Pada tutorial membuat database ini, sicode mengambil contoh membuat database untuk sebuah buku tamu dengan nama "bukutamu".

membuat-database-di-phpmyadmin1

Jika pembuatan databasenya berhasil maka akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini :

membuat-database-di-phpmyadmin2

3. Pada tahap ini kita sudah berhasil membuat sebuah database menggunakan phpmyadmin, langkah selanjutnya adalah membuat tabel untuk databasenya. Tabel yang kita buat kali ini diberi nama "buku_tamu" dengan number of fields kita isi dengan 5, lalu klik tombol 'Go'. untuk jelasnya silahkan lihat digambar berikut :

membuat-database-di-phpmyadmin3

4. Langkah selanjutnya setelah berhasil membuat tabel, adalah membuat field dengan entri sebagai berikut :

  • id_bukutamu => type : integer(8)

  • nama => type : varchar(50)

  • email => type : varchar(50)

  • website => type : varchar(50)

  • pesan => type : text


membuat-database-di-phpmyadmin4

Kemudian pada field 'website', kita centang pada bagian 'Null', dan pada field 'id_bukutamu' pada kolom index kita isi dengan 'PRIMARY' dan pada kolom Auto Increment(A.I) kita centang.

membuat-database-di-phpmyadmin5

5. Langkah selanjutnya klik tombol 'Save'

membuat-database-di-phpmyadmin6

6. Pada tahap ini, sebuah database, tabel dan field nya telah berhasil kita buat. Selamat...!!

membuat-database-di-phpmyadmin7

demikianlah sedikit panduan yang dapat sicode share yaitu tentang cara membuat database menggunakan phpmyadmin. semoga bermanfaat, jangan lupa kasi komen ya... :)


Terima kasih telah membaca tentang Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin

Aneka Source Code Aplikasi - Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin, Semoga bisa membantu anda dalam belajar pemrograman atau mungkin dapat juga menjadi ide atau inspirasi untuk membuat karya baru yang lebih baik lagi.

Anda sedang membaca Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin artikel tentang aneka source code aplikasi http://anekasourcecode.blogspot.com/2015/02/cara-mudah-membuat-database-di.html Semoga blog sederhana ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

1 Response to "Cara Mudah Membuat Database di Phpmyadmin"

  1. […] membuat database anda juga dapat menggunakan phpmyadmin, untuk cara membuat database menggunakan phpmyadmin, silahkan baca […]

    BalasHapus